Mengolah basic mind pendidikan yang ideal (2)



Oleh:

HANIF SYAUQI








Impian mendirikan sebuah instansi pendidikan yang ideal tentunya harus mempertimbangkan berbagai sudut pandang dan perhatian yang kompleks tentang segala hal. Sekian dari perhatian yang kompleks tersebut antara lain yang perlu kita pertimbangkan adalah dari segi donator, system seleksi penerimaan calon peserta didik.

Mencita-citakan sebuah instansi pendidikan ideal yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, baik menengah ke bawah maupun menengah ke atas tentunya memerlukan orang-orang yang tangguh secara materi maupun pemikiran yang nantinya digunakn untuk menyokong kelancaran proses pendidikan tersebut. Orang-orang semacam ini ini kita posisikan sebagai para donatur yang akan membantu eksisnya pendidikan transformatif (yang membawa perubahan sekaligus mencerahkan) di tengah masyarakat.

Pendidikan transformatif ini sangat-sangat perlu dukungan dan kerja sama para donatur untuk membiayai semua kebutuhan-kebutuhan yang ada di dalamnya. Ini merupakan sebuah investasi yang tidak mengharapkan output materi namun sebuah outcome dari berdirinya sebuah lembaga pendidikan. Yaitu para lulusan atau alumni yang dapat menghasilkan atau membawa perubahan masyarakatnya ke arah yang lebih baik dari berbagai krisis yang melanda negeri ini.

Diharapkan nantinya semua lapisan masyarakat dapat menikmati proses pendidikan transformatif ini dengan cuma-cuma, namun masih benar-benar memperhatikan system seleksi penerimaan calon peserta didik agar instansi ini mempunyai bargain atau nilai tawar di mata masyarakat dan tidak asal menerima calon peserta didik meskipun pendidikan ini disediakan gratis bagi mereka. Para calon peserta didik nantinya akan tetap kompetitif untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengenyam proses pendidikan yang ideal, progressif, dan inovatif ini. Karena mereka semua sebenarnya memiliki potensi yang masih terpendam, dan akan coba distimulasi agar keluar menjadi potensi actual.






1 komentar:

"Dalam Genggaman Tuhan" mengatakan...

Betul pak Hanif, pendidikan akan berhasil kalau Pendidik dan didikan tangguh!
salam kenal pak, kita peduli sama pendidikan Indonesia.

http://smartbrigt.net
http://bisamarketing.blogspot.com

Arsip Blog